InfoTeknologi: Patenkan Desain MacBook Air, Apple Ancam Ultrabook



HOT TREND — Menghadapi pesaingnya, Apple terus mengembangkan portofolio paten. Kantor Paten US Patents and Trademark Office telah memberikan Apple hak atas desain MacBook Air terbaru.

Paten baru Apple ini bisa melebarkan "medan perang" paten dari pasar smartphone dan tablet ke ranah komputer portabel.

ALaptop tipis jenis Ultrabook yang gencar dipromosikan Intel untuk mendorong penjualan laptop berbasis Windows memiliki beberapa fitur yang mirip dengan MacBook Air, seperti penggunaan Solid State Drive, kapabilitas Instant-on, dan tidak adanya optical drive untuk memberikan bentuk tipis.

Hal-hal yang tercakup dalam dokumen paten desain MacBook Air Apple antara lain pinggiran layar dan keyboard yang meruncing ke arah luar (tapered), integrasi port, serta rancangan berikut lokasi penempatan "kaki-kaki" di bagian bawah.

Sebelum paten ini diberikan, Apple telah bertindak agresif untuk melindungi desain dari perangkat-perangkat iOS miliknya, seperti iPhone dan iPad, tetapi belum menyasar para produsen Ultrabook.

Belakangan, Apple sering terlibat perang paten dengan sejumlah pesaingnya, termasuk Samsung dan HTC. Belum diketahui apakah Apple akan menggunakan paten atas desain MacBook Air sebagai "senjata" dalam menghadapi persaingan di segmen laptop, tetapi salah satu perusahaan yang berdiri di belakang Ultrabook adalah Intel yang memiliki hubungan baik dengan Apple.

Sejauh ini overlap yang terjadi di antara MacBook Air dan Ultrabook belum terlalu kentara. Apple berfokus pada pasar produk berharga di atas 1.000 dollar AS, sementara Intel dan AMD masing-masing mengincar segmen 700 dollar AS dan 500 dollar AS. Source: Kompas.Com

0 komentar "InfoTeknologi: Patenkan Desain MacBook Air, Apple Ancam Ultrabook", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar