Lionel Messi Terancam Masuk Penjara

Ditulis oleh: -
Lionel Messi Terancam Masuk PenjaraHot Trend - Berita menggemparkan kembali terdengar pada dunia olahraga sepak bola. Salahsatu bintang pesepak bola liga spanyol Lionel Messi terancam masuk penjara. Ada apa dengan salah satu bintang pemain barcelona tersebut. Berikut ini berita panas yang sedang beredar. 

Lionel Messi dan sang Ayah Jorge disebut telah dituntut oleh pihak berwenang Spanyol. Pasalnya, Messi terindikasi telah melakukan penggelapan pendapatan untuk menghindari pajak di Spanyol.

Menurut El Periodico, Messi dan ayahnya menyembunyikan sebagian pendapatan mereka sejak 2006 hingga 2009. Uang penghasilan Messi dialirkan ke negara bebas pajak (tax haven, diperkirakan Uruguay dan Belize) untuk menghindari pajak besar di Spanyol.

Nilai yang disembunyikan dari penegak hukum diperkirakan mencapai 13 juta euro. Namun pihak berwenang pajak Spanyol baru mencurigai sebesar 4 juta euro saja.

Uang yang disembunyikan Messi adalah pendapatan dari penjualan hak pencitraan dirinya. Artinya sebagian uang dari sponsor dan iklan Messi tidak masuk rekening legalnya.

Tuntutan terhadap Messi dilayangkan pada Rabu pagi waktu setempat di Gava, sebuah kota di Catalan. Messi memang secara legal terdaftar sebagai warga Gava.

Menurut Forbes, Messi adalah olahragawan dengan penghasilan terbesar nomor 10 dunia. Messi meraup 41 juta euro per tahun, di mana 21 juta euro di antaranya berasal dari sponsorship

Kasus penggelapan pemasukan untuk menghindari pajak yang dituduhkan kepada Lionel Messi dan ayahnya, Jorge, masih menjadi berita utama di Spanyol. Berbagai pihak memberikan opininya mengenai kasus yang menimpa peraih Ballon d'Or empat kali beruntun itu.

Sejauh ini Messi masih merupakan tertuduh, artinya dia belum benar-benar terbukti melakukan pelanggaran. Namun jika jaksa yang melayangkan tuntutan bisa membuktikan tuduhannya, Messi bisa dihukum enam tahun penjara, demikian menurut Kantor Berita Spanyol EFE.

Messi sudah memberikan bantahan atas tuduhan tersebut. Ia merasa tak pernah melakukan tindakan ilegal dengan mengirimkan uangnya ke Uruguay dan Belize untuk menghindari pajak.

Menurut seorang pengacara internasional John Callow, bisa jadi Messi memang tak tahu-menahu bahwa pelanggaran itu terjadi. Saat ini Messi hanya harus membuktikan bahwa dirinya tidak mengetahui 'kejahatan' yang dilakukan pada 2007 hingga 2009 itu.

"Jika Messi bisa membuktikan bahwa dia tidak mengetahui tindakan itu, maka dia akan aman dari hukuman. Jika pelanggaran itu memang terjadi dan Messi tak mengetahuinya, maka kemungkinan yang akan mendapatkan hukuman adalah ayahnya," ujar Callow. Messi memang disebut menyerahkan pengelolaan keuangannya kepada sang ayah.

Meski demikian, Callow menegaskan bahwa jika Messi mengetahui tindakan ilegal itu, maka semua orang yang terlibat juga akan mendapatkan hukuman, termasuk sang ayah dan konsultan pajaknya.

0 komentar "Lionel Messi Terancam Masuk Penjara", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar